Ancaman Teknologi Akan Jadi Tren di 2024
HiburanTeknologi

Ancaman Teknologi Akan Jadi Tren di 2024

Ancaman Teknologi Akan Jadi Tren di 2024 – Tren teknologi terus berubah – berikut ini adalah prediksi empat pakar untuk tren teknologi di tahun 2024.

Ancaman Teknologi Akan Jadi Tren di 2024Ancaman Teknologi Akan Jadi Tren di 2024

Kecerdasan buatan

Atpsanmarino.com, Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari e-commerce hingga algoritma media sosial.

Ayesha Khanna, salah satu pendiri dan CEO Addo, mengatakan bahwa ledakan tren ini akan meluas ke video dan musik pada tahun 2024. Menurut Khanna, kecerdasan buatan tidak akan pernah menggantikan manusia. “AI akan menjadi anggota tim manusia baru yang menyumbangkan ide dan konsep dalam banyak bisnis.

Baca Juga: Tren Teknologi Dalam Hiburan Terbaru 2024

Futuris dan penulis Bernard Marr mengatakan hal yang sama, “Seiring dengan tersedianya alat baru untuk membantu para pekerja memanfaatkan AI, lebih banyak pekerja yang akan menjadi fokus AI”.

Khanna juga menambahkan bahwa masih banyak yang harus dilakukan untuk memastikan co-pilot AI yang produktif. Sebagai contoh, Copilot GitHub akan secara khusus membantu para pengembang kode di sektor kesehatan.
Metaverse.

Metaverse juga akan menjadi tren tahun ini. Meskipun Meta yang berbasis di Facebook, yang berfokus pada metaverse, gagal dalam usaha teknologinya dan kehilangan miliaran dolar dalam pendanaan.

“Peritel dan perusahaan hiburan akan lebih banyak bereksperimen dengan cara membangun keterlibatan dan loyalitas pelanggan di berbagai metaverse, terutama platform game seperti Roblox,” kata Kanna.

“Penduduk asli metaverse, yang tumbuh dengan bermain game dan bersosialisasi dalam realitas digital alternatif, akan meningkatkan perusahaan yang menyelenggarakan konser, pekan mode, perjalanan pelanggan, dan acara edutainment pada tahun 2024.

Selain perusahaan-perusahaan besar yang telah berdiri di Metaverse selama beberapa waktu, Ma mengatakan bahwa akan ada lebih banyak lagi usaha kecil dan menengah (UKM) yang akan memasuki pasar.
Teknologi berkelanjutan.

Pakar geopolitik Abhishek Prakash, pendiri Centre for Innovating the Future (CIF), mengatakan bahwa bidang keberlanjutan berbasis teknologi akan memainkan peran penting di tahun ini.

“Proyek-proyek energi bersih seperti listrik bertenaga surya dari Afrika ke Eropa akan berkembang pada tahun 2024, menambahkan dimensi baru pada perang energi global,” kata Prakash.

Cynthia Serin, Associate Professor di Arizona State University’s School for the Future of Innovation in Society and the School of Sustainability, menjelaskan bahwa penangkapan dan penyimpanan karbon akan menjadi semakin penting.

“Selain mekanisme penyerapan alami seperti penghijauan, penangkapan langsung melalui udara akan terus mendapatkan perhatian,” kata Associate Professor Serin. Kebijakan untuk meningkatkan kapasitas untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sedang dipromosikan dan proyek-proyek percontohan baru diluncurkan di seluruh dunia.
Semikonduktor dan swasembada

Prakash juga memperkirakan bahwa perang antara Rusia dan Ukraina akan mengantarkan era geopolitik dan globalisasi. Hal ini akan mempengaruhi semua aspek teknologi di tahun ini.

Pertarungan untuk semikonduktor, yang menggerakkan smartphone, komputer, mobil, dan barang elektronik konsumen, juga akan menjadi tren. Ia menjelaskan bahwa semikonduktor akan mengubah lanskap global tahun depan, dengan persaingan antara Amerika Serikat dan Cina.
Internet of Things (IoT)

Selin percaya bahwa IoT akan mengubah sektor energi pada tahun 2024. Ia menjelaskan bahwa akan ada lebih banyak perangkat dengan sensor pintar dan kecerdasan berbasis data yang memasuki pasar.

Sementara itu, Marr memprediksi lonjakan produk dan layanan IoT yang berhubungan dengan kesehatan dan kesejahteraan pada tahun 2024. “Perangkat seperti jam tangan pintar akan menyediakan sensor untuk memantau berbagai indikator kesehatan”. Tren teknologi yang mungkin terjadi pada tahun 2024 meliputi:

Kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML):
Kemajuan AI dan ML yang terus berlanjut dapat memberikan dampak yang signifikan pada sejumlah bidang, termasuk otomatisasi, analisis data yang lebih baik, dan pengembangan aplikasi pintar. 5G dan jaringan seluler berkecepatan tinggi
Adopsi teknologi 5G yang meluas dapat membuka pintu bagi layanan dan aplikasi baru yang membutuhkan konektivitas internet sangat cepat, seperti Internet of Things (IoT), augmented reality (AR), dan virtual reality (VR).

Ketahanan keamanan siber:
Seiring dengan meningkatnya ancaman keamanan siber, tren keamanan siber akan terus berkembang dan berfokus pada perlindungan data dan sistem yang semakin kompleks.

Realitas virtual dan augmented reality:
VR dan AR terus berkembang, memberikan pengalaman yang lebih mendalam di berbagai industri, termasuk game, pendidikan, dan bisnis.

IoT dan komputasi tepi:
Internet of Things (IoT) terus berkembang dan perangkat menjadi semakin terhubung. Komputasi edge, di mana data diproses pada sumbernya, akan menjadi lebih umum untuk meningkatkan kinerja dan daya tanggap.

Baca Juga: Perkembangan Alat Musik Digital Ditahun 2024

Pembelajaran jarak jauh dan kecerdasan buatan dalam pendidikan:
Teknologi akan terus memainkan peran transformatif dalam pendidikan karena AI digunakan untuk pembelajaran jarak jauh yang dipersonalisasi dan semakin terintegrasi.

Pengembangan medis dan kesehatan digital:
Terobosan dalam kesehatan digital, seperti telemedicine, pemantauan kesehatan terkoneksi, dan analisis data medis, dapat memberikan solusi inovatif untuk sektor kesehatan.

Kendaraan otonom dan listrik:
Kendaraan otonom dan listrik dapat mengubah industri otomotif dengan lebih banyak kendaraan yang menggunakan teknologi ramah lingkungan dan sistem swakemudi.

Blockchain dan mata uang kripto:
Perkembangan di dunia blockchain dan mata uang kripto dapat berdampak pada sektor keuangan, logistik, dan manajemen rantai pasokan.

E-commerce dan pengalaman konsumen digital:
Pertumbuhan e-commerce dan pengalaman konsumen digital akan terus berlanjut dengan inovasi dalam teknologi pembayaran, personalisasi, dan keterlibatan pelanggan.

Revolusi komputasi kuantum:
Teknologi komputasi kuantum akan dikembangkan lebih lanjut pada tahun 2024, yang mengarah pada kemajuan besar dalam pemrosesan data yang kompleks.

Tren ini bersifat spekulatif dan tunduk pada perkembangan teknologi dan dinamika pasar. Perubahan dapat terjadi dari waktu ke waktu dan inovasi baru yang tidak terduga dapat muncul.