Berbelanja Dan Hiburan Di Pusat Perbelanjaan Terbesar
Hiburan

Berbelanja Dan Hiburan Di Pusat Perbelanjaan Terbesar

Berbelanja Dan Hiburan Di Pusat Perbelanjaan TerbesarIndonesia sendiri memiliki banyak sekali pusat perbelanjaan yang tersebar di kota-kota besar. Tentu saja, ada pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, yang seringkali menjadi salah satu bagian kota yang paling populer dan ikonik. Mall sendiri merupakan pusat perbelanjaan dan hiburan yang menarik sehingga tidak heran jika banyak orang yang mengunjunginya.

Berbelanja Dan Hiburan Di Pusat Perbelanjaan Terbesar

Berbelanja Dan Hiburan Di Pusat Perbelanjaan Terbesar

atpsanmarino – Setidaknya ada 8 pusat perbelanjaan besar di Indonesia yang menawarkan banyak hal menarik dengan fasilitas yang lengkap. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa membaca berikut ini mengenai Berbelanja Dan Hiburan Di Pusat Perbelanjaan Terbesar.

1. Pakuwon Mall Surabaya
Ternyata asumsi mengenai pusat perdagangan terbesar di Indonesia tidak selalu jatuh pada Jakarta. Pakuwon Surabaya Mall lah yang menyandang predikat tersebut. Dengan luas 200.000persegi, pusat perbelanjaan ini merupakan yang terbesar di Tanah Air. Dibuka pada tahun 2003, Pakuwon Mall memiliki tiga lantai dengan luas bangunan 90.000persegi dan atrium sederhana seluas 1.200persegi.

Dengan 3 lantai basement, 6 lantai pusat perbelanjaan, dan 1 lantai ruang pameran, pusat perbelanjaan ini menawarkan banyak tenant dari brand ternama. Pakuwon Mall tidak hanya sebagai pusat perbelanjaan, namun juga menjadi tuan rumah berbagai acara seperti pameran, promosi, pertemuan dan pernikahan. Dengan fasilitasnya yang lengkap, mall ini cocok untuk berbagai kebutuhan acara Anda.

2. Tunjungan Plaza
Pusat perbelanjaan terbesar kedua di Indonesia juga ada di Surabaya, lebih tepatnya Tunjungan Plaza. Mall ini memiliki luas 170.000persegi dan terbagi menjadi 6 mall mulai dari Tunjungan Plaza I hingga Tunjungan Plaza VI. Menariknya, Tunjungan Plaza masih dimiliki oleh Pakuwon Group yang juga membangun Pakuwon Mall di Surabaya.

Pakuwon Group dikenal sebagai pemain besar di sektor real estate di Surabaya, dengan aset seperti Royal Plaza, East Coast Center, Pakuwon Trade Center, dan Pakuwon Town Square. Tunjungan Plaza sendiri merupakan salah satu pusat perbelanjaan tertua di Surabaya. Dibangun pada tahun 1985 dan telah beroperasi sejak tahun 1986. Sejak itu mal ini berkembang dengan bertambahnya Tunjungan Plaza VI pada tahun 2017.

Tunjungan Plaza (kemudian disebut Plaza Tunjungan ) terus berkembang . Mulai dibangun pada tahun 1985 hingga dibukanya Plaza Tunjungan I pada tahun 1986 hingga perubahan nama dari Plaza Tunjungan menjadi Tunjungan Plaza serta perubahan logo mall dan renovasi Tunjungan Plaza I-II pada tahun 2007 hingga renovasi Tunjungan Plaza I-IV dan pembukaan Tunjungan Plaza V pada tahun 2015 dan Tunjungan Plaza VI pada tahun 2017.

Tunjungan Plaza dibuka sebagai pusat perbelanjaan di Jalan Jend pada tanggal 15 Desember 1986. Basuki Rahmat dengan luas sewa 25.000 m 2 . Tunjungan Plaza kemudian diperluas seluas 21.600 m 2 dan Tunjungan Plaza II diresmikan pada bulan Desember 1991. Pada tahun 1996, Tunjungan Plaza diperluas lagi seluas 28.300 m 2 dan dibuka Tunjungan Plaza III.

Pada tanggal 11 November 2001, Tunjungan Plaza IV dibuka, memperluas Tunjungan Plaza dari 28.300 m 2 menjadi 103.200 m 2 . Saat Tunjungan Plaza I-III dibangun di Jalan Jend.Basuki Rahmat, Tunjungan Plaza IV dibangun di daerah Jalan Embong Malang.

Baca Juga : Mengenal Musik Dari Indonesia

Pada tanggal 9 Oktober 2015, Tunjungan Plaza V dibuka, memperluas Tunjungan Plaza dari 19.600 m 2 menjadi 122.800 m 2 , melebihi luas Mal Taman Anggrek di Jakarta Barat merupakan pusat perbelanjaan terbesar ketiga di Indonesia. Tunjungan Plaza VI diresmikan pada tanggal 23 September 2017, menambah luas Tunjungan Plaza dari 25.700 m 2 menjadi 148.500 m 2 dan dengan demikian Luasnya melebihi luas Mall Kelapa Gading di Jakarta Utara yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar kedua di Indonesia.

3. Summarecon Mall Kelapa Gading
Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG) merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Dibangun pada tahun 1975, MKG memiliki luas 150.000persegi setelah tiga kali renovasi dan perluasan pada tahun 1990, 2003, dan 2007. MKG terletak di Kelapa Gading Commercial Center di Jakarta Utara dan menawarkan berbagai fasilitas seperti Gading Food City, Harris Hotel, La Piazza Lifestyle Center dan pusat perbelanjaan yang lengkap.

Mal ini dioperasikan oleh PT Summarecon Agung dan sering menyelenggarakan berbagai acara rutin, termasuk Jakarta Fashion and Food Festival yang didukung oleh Pemprov DKI Jakarta.

Pusat Perbelanjaan

4. Grand Indonesia
Grand Indonesia, berlokasi di Jakarta Pusat, di MH Thamrin, Jakarta Pusat, merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia. Dengan luas kurang lebih 140.000persegi, mall ini terbagi menjadi tiga area: West Mall 9 lantai, East Mall 8 lantai, dan Skybridge 5 lantai. The Grand Indonesia pertama kali dibuka pada bulan April 2007 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Mal ini menawarkan layanan lengkap mulai dari pusat perbelanjaan pakaian, bahan makanan, elektronik, dan bioskop. Dengan konsep yang Family Friendly Lifestyle Mall, Grand Indonesia menjadi salah satu tempat ideal untuk bertemu, bersantai, dan berbelanja bagi warga Jakarta dan luar kota. Pada tahun 2007 Hotel Indonesia direnovasi.

Selain itu, setelah dibuka kembali, hotel ini dikelola oleh Kempinski Group dan berganti nama menjadi Hotel Indonesia-Kempinski. Setelah lima tahun direnovasi, Hotel Indonesia Kempinski dibuka kembali pada tanggal 20 Mei 2009 oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Kawasan sekitar Hotel Indonesia juga telah dikembangkan menjadi kompleks serba guna bernama Grand Indonesia, yang terdiri dari gedung perkantoran (Menara BCA), apartemen (Kempinksi Residence) dan pusat perbelanjaan (Grand Indonesia).

5. Pusat Perbelanjaan Taman Anggrek
Pusat Perbelanjaan Taman Anggrek (MTA ) yang berbasis di Jakarta Barat merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia dengan peringkat kelima. Dibuka pada bulan Agustus 1996, MTA memiliki luas 130.000 m2 dan berdekatan dengan apartemen. Pusat perbelanjaan ini merupakan inisiatif konglomerat Salimin Prawiro Sumarto.

Yang istimewa dari MTA adalah mall pertama di Indonesia yang memiliki arena ice skating indoor. Fasilitas lengkap mulai dari pusat perbelanjaan, restoran, bioskop hingga klinik kesehatan. Hal inilah yang menjadikan MTA dikenal sebagai “pusat perbelanjaan mewah” dengan banyak merek kelas atas yang membuka cabang di sini.

6. Central Park
Central Park Mall, berlokasi di Jakarta Barat menempati urutan keenam sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia. Pusat perbelanjaan ini memiliki basement dan tujuh lantai. Mulai beroperasi pada September 2009 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Nama “Central Park” berasal dari Central Park di Manhattan, New York City.

Salah satu daya tarik utama dari mall ini adalah Tribeca Park yang menyediakan ruang publik yang luas dan menawan serta menjadi tempat yang populer bagi pengunjung setelah berbelanja. Fasilitas di Central Park sangat lengkap, antara lain pusat perbelanjaan, toko fashion, pusat kuliner, dan bioskop. Ada pula Jakarta Aquarium yang menawarkan pengalaman wisata edukasi untuk keluarga.

7. Hartono Mall
Hartono Mall di Yogyakarta diklasifikasikan pusat perbelanjaan terbesar ketujuh di Indonesia, padahal Yogyakarta bukanlah kota besar. Pusat perbelanjaan ini terletak di jalan lingkar utara dengan luas kurang lebih 77.266 m2, terdiri dari 6 lantai dan 279 tenant. Pusat perbelanjaan ini dibuka untuk umum pada bulan November 2015 dan dilengkapi atrium dengan luas 900persegi.

Meski Hartono Mall berlokasi di Yogyakarta, namun dioperasikan oleh Pakuwon Jati, perusahaan yang juga mengoperasikan dua pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, yaitu Pakuwon Mall dan Tunjungan Plaza. Dengan fasilitas lengkap seperti pusat perbelanjaan, kuliner, hiburan dan gaya hidup, Hartono Mall menjadi destinasi menarik bagi warga dan pengunjung Yogyakarta.

8. Pusat Perbelanjaan Paris Van Java
Paris van Java Mall (PVJ) di Bandung tercatat dalam daftar pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia dan menduduki peringkat kedelapan. Dengan luas 4.700persegi yang mampu menampung 200 tenant, mall ini resmi dibuka pada Juli 2006 dan terdiri dari 4 lantai. PVJ memiliki lokasi yang strategis dekat dengan jalan tol, bandara dan stasiun kereta api.

Menggabungkan konsep indoor dan outdoor ala Eropa, pusat perbelanjaan ini menawarkan berbagai fasilitas antara lain pusat kuliner, pusat perbelanjaan, dan pusat gaya hidup. Salah satu atraksi utamanya adalah arena seluncur es yang sangat populer di kalangan anak-anak dan keluarga. Tentu saja hal ini membuat akhir pekan bersama keluarga semakin seru.