Dampak Transformatif AI Pada Media Dan Hiburan
HiburanTeknologi

Dampak Transformatif AI Pada Media Dan Hiburan

Dampak Transformatif AI Pada Media Dan Hiburan –  Industri media dan hiburan selalu menjadi pusat inovasi, memikat penonton dengan teknologi inovatif. Kini, kecerdasan buatan (AI) mengambil langkah lebih jauh dalam keterbatasan ini. AI semakin populer di industri media dan hiburan karena menyediakan alat seperti analisis prediktif, mesin rekomendasi, pemetaan perjalanan pelanggan, dan segmentasi audiens.

Dampak Transformatif AI Pada Media Dan Hiburan

Dampak Transformatif AI Pada Media Dan Hiburan

atpsanmarino – Perusahaan media dan hiburan berlomba mengembangkan teknologi AI untuk melayani khalayak di seluruh dunia. hasil? Memberikan miliaran pengalaman pengguna yang dipersonalisasi secara unik, menciptakan satu audiens untuk setiap individu.

Artikel ini membahas penerapan AI dalam industri media dan hiburan serta membahas manfaat, tantangan, tren dan prediksi pasar saat ini.

Peran besar AI dalam media dan hiburan
Dalam lanskap dinamis tahun 2023, industri media, film, televisi, over-the-top (OTT), game, musik, dan esports siap untuk melakukan investasi besar di bidang AI dan pembelajaran mesin (ML) yang menarik. saya. ).

Industri-industri ini memahami peran penting AI dalam upaya mereka untuk beradaptasi, mengembangkan, dan melibatkan audiens mereka sambil memaksimalkan pendapatan dan melindungi waktu mereka yang berharga. Perusahaan streaming video dan audio memimpin upaya ini, mengakui kekuatan transformatif AI/ML dan bersiap untuk memanfaatkan potensinya.

Tapi ini bukan hanya tentang bersaing satu sama lain. Mereka juga menghadapi tantangan untuk bersaing dengan konten gratis atau berbiaya rendah dari pesaing baru yang kuat seperti platform media sosial, pengguna itu sendiri, dan pembuat konten independen.

Integrasi AI dan ilmu data telah menjadi sekutu yang kuat bagi perusahaan media dan hiburan. Teknologi ini memungkinkan Anda melampaui permukaan untuk terhubung dengan audiens Anda pada tingkat yang lebih dalam dan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi.

Dengan memanfaatkan wawasan berbasis AI, perusahaan media dan hiburan dapat memahami audiens mereka secara mendalam. Anda dapat memprediksi preferensi dan membuat konten menarik yang benar-benar sesuai dengan preferensi tersebut.

 kasus penggunaan AI untuk industri media dan hiburan
Industri media dan hiburan menggunakan AI untuk meningkatkan kecepatan, keterjangkauan, dan kemudahan memproduksi, mengelola, mendistribusikan, dan mengonsumsi konten.

Inisiatif-inisiatif ini menandai dimulainya era di mana kreasi konten dan inovasi AI menyatu, membuka jalan bagi lingkungan media yang sangat berpusat pada pengguna.

 

Baca juga : Mengenal SEO Untuk Manajemen Persewaan Liburan 

 

Contoh terbaik tentang bagaimana perusahaan media memanfaatkan solusi AI sebagai bagian integral dari operasi bisnis mereka adalah raksasa streaming Netflix.

Untuk menyoroti pentingnya tren ini, mari kita lihat beberapa contoh AI yang penting dalam industri media dan hiburan.

1. Personalisasi konten
Perusahaan media dan hiburan menggunakan personalisasi konten untuk memberikan rekomendasi yang disesuaikan guna memastikan kepuasan pelanggan dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Perusahaan besar seperti Netflix dan Prime Video berutang kesuksesannya pada algoritma AI dan ML yang memahami perilaku dan demografi pengguna. Misalnya, mesin rekomendasi Netflix didasarkan pada algoritma pembelajaran mendalam dan visi komputer yang canggih.

Selain itu, pengkodean video mengoptimalkan konsumsi data tanpa mengurangi kualitas gambar.

2. pengembangan permainan
Dengan mengintegrasikan aplikasi AI, teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) kini memungkinkan perusahaan membuat acara interaktif dan membuat karakter non-pemain (NPC) dalam video game yang bereaksi secara dinamis terhadap tindakan pemain. ).

Integrasi AI ke dalam video game telah membawa perubahan luar biasa, yang secara efektif menghidupkan lingkungan game yang sebelumnya tidak realistis. Sinergi AI, AR, dan VR menciptakan cerita menarik yang menjembatani kesenjangan antara pembuat konten dan pemirsa.

3. Iklan bertarget
Menurut Boston Consulting Group, periklanan merupakan kontributor utama pendapatan sektor media, yang menyumbang setengah dari pendapatan tersebut. Dengan menggunakan AI, industri media dan hiburan kini dapat menayangkan iklan bertarget kepada pelanggan individu secara real-time.

Hal ini meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menghilangkan promosi yang tidak relevan dan meningkatkan margin keuntungan. Contoh iklan yang dipersonalisasi mencakup iklan Coca-Cola yang menarik, animasi koleksi lukisan, dan iklan Nestlé yang memperluas dunia The Milkmaid karya Vermeer.

 

Baca juga : Evaluasi Musik Yang Diciptakan Dengan AI 

 

4. Streaming waktu nyata
Dengan menggunakan kecerdasan buatan, perusahaan media dan hiburan dapat mengoptimalkan kualitas video dengan menyesuaikannya dengan kondisi jaringan pelanggan, seperti meningkatkan resolusi dan cahaya redup.

Selain itu, pelanggan bebas memprioritaskan kualitas video yang diinginkan. Selain itu, penayangan iklan bertarget yang digerakkan oleh AI memainkan peran penting dalam meningkatkan pendapatan iklan, terutama selama acara olahraga langsung di mana penggantian papan reklame digital membantu memaksimalkan pendapatan iklan.

5. Perlindungan hak cipta
Dengan maraknya media sosial, pelanggaran hak cipta telah menjadi masalah besar bagi media dan industri musik. Untungnya, kecerdasan buatan dapat memainkan peran penting dalam memecahkan masalah ini. Misalnya, YouTube menggunakan teknologi pembelajaran mesin Google untuk mengatasi masalah hak cipta secara efektif. Platform musik populer seperti Pandora, Spotify, dan Apple Music juga menggunakan solusi AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Namun, mengingat banyaknya informasi yang beredar di era digital, efektivitas AI dalam memerangi penyebaran berita palsu dan palsu masih dipertanyakan.

Manfaat AI dalam industri media dan hiburan
Industri media dan hiburan dapat mewujudkan berbagai manfaat dengan menerapkan aplikasi AI.

Manfaat AI dalam industri media dan hiburan antara lain:

  • Proses yang disederhanakan dan peningkatan layanan menghasilkan operasi bisnis yang lebih efisien.
    Meningkatkan visibilitas alokasi anggaran dan meningkatkan pendapatan. Informasi pemasaran real-time
  • meningkatkan fleksibilitas pemasaran.
    Perbaikan dalam lingkungan pemasaran dan periklanan akan menghasilkan strategi periklanan yang lebih baik.
  • Keamanan konten yang ditingkatkan dan kontrol privasi memastikan data Anda terlindungi.
  • Meningkatkan pengalaman pelanggan dan mempersonalisasikannya agar sesuai dengan selera individu.

Tantangan AI di industri media dan hiburan
Penggunaan teknologi AI dalam industri media dan hiburan mempunyai tantangan tersendiri. Mari kita lihat beberapa tantangan AI di media dan hiburan.

manajemen mutu
Seperti yang ditunjukkan oleh popularitas ChatGPT, proliferasi AI telah menimbulkan kekhawatiran tentang potensi penyebaran disinformasi.

Ketika sistem yang didukung AI mampu menghasilkan artikel berita dan konten lainnya, terdapat kekhawatiran yang semakin besar bahwa konten yang dihasilkan oleh AI tersebut dapat dipercaya dan dapat dipercaya.

Kekhawatiran ini diperkuat oleh penelitian yang menemukan bahwa lebih dari 78% orang dewasa di AS mempunyai opini negatif terhadap berita yang dihasilkan oleh AI.

Hal ini menyoroti pentingnya memastikan bahwa sistem AI dilatih dari sumber yang andal dan terverifikasi. Menerapkan proses pengecekan fakta yang kuat dan menerapkan mekanisme kendali mutu dapat membantu mengurangi risiko yang terkait dengan misinformasi.