Spot Air Terjun Di Bali Untuk Hiburan Akhir Tahun
Wisata

Spot Air Terjun Di Bali Untuk Hiburan Akhir Tahun

Spot Air Terjun Di Bali Untuk Hiburan Akhir TahunIngin berwisata alam di Bali? Biasanya wisata alam mengunjungi pantai Bali selalu menjadi pilihan utama. Jika ingin suasana baru, Anda bisa berwisata alam ke air terjun. Ada beberapa rekomendasi mengenai air terjun di Bali yang masingmasing memiliki ciri khas tersendiri.

Spot Air Terjun Di Bali Untuk Hiburan Akhir TahunSpot Air Terjun Di Bali Untuk Hiburan Akhir Tahun

atpsanmarino – Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menawarkan pesona alam yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, tidak heran jika Bali menjadi tujuan wisata tidak hanya bagi penduduk lokal tetapi juga bagi mancanegara. Saat Anda merencanakan wisata alam di Bali, jangan hanya mengunjungi pantaipantai terkenal di Bali saja. Anda juga bisa mengunjungi air terjun di Bali yang memberikan suasana dan pengalaman menarik.

Selain itu, berwisata alam ke air terjun tidak hanya menyenangkan dan memanjakan mata dengan keindahannya. Ada pula manfaat kesehatannya seperti relaksasi otot, penyegaran pikiran, dan kesehatan rambut. Kali ini kita memberikan tips liburan air terjun yang aman. Oleh karena itu, kami juga merekomendasikan beberapa air terjun di Bali yang bisa menjadi pilihan Anda jika ingin berwisata alam.

Tips liburan ke air terjun

Hati-hati saat musim hujan
Jika ingin mengunjungi air terjun, sebaiknya jangan berkunjung saat musim hujan. Saat musim hujan, air turun dengan derasnya sehingga dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan. Namun jika Anda berwisata di musim hujan atau saat menuju air terjun sedang turun hujan, sebaiknya berhatihati.

Karena saat hujan, jumlah air yang jatuh bisa semakin banyak. Hal ini dapat membuat jalur menuju air terjun ataudekat air terjun menjadi licin. Selain itu, karena hujan, Anda tidak bisa bermain air dan melakukan banyak aktivitas luar ruangan dengan air terjun.

Bawalah baju ganti
Jika Anda pergi ke berkendara air terjun Maka Anda bisa berenang lebih menyenangkan. Oleh karena itu, sebaiknya bawalah pakaian ganti jika diperlukan. Meskipun Anda tidak berenang atau bermain air sebagai tindakan pencegahan, bawalah pakaian ganti.

Hati-hati terhadap binatang liar
Lokasi air terjun biasanya berada di dalam hutan atau lingkungan alam. Hal ini tidak menutup kemungkinan adanya satwa liar. Oleh karena itu, Anda harus berhatihati di sekitar air terjun. Anda juga perlu menjaga sikap dan tidak melakukan tindakan apa pun yang dapat mengganggu kehidupan hewan di sekitar Anda. Jika Anda disengat atau digigit binatang, hal itu dapat mengganggu dan berbahaya.

Waktu masuk dan keluar yang tepat
Kami menyarankan Anda untuk datang ke air terjun di pagi hari. Biasanya udaranya masih segar dan suasana bermain airnya menyenangkan. Selain itu, berwisata ke air terjun di pagi hari juga harus memastikan Anda bisa meninggalkan air terjun sebelum hari gelap. Hal ini demi keselamatan selama perjalanan, terutama di air terjun yang berada di dalam hutan.

Baca Juga : Sejarah Hingga Cara Memainkan Seruling

Siapkan peralatan khusus
Sebelum Anda datang, putuskan apakah Anda memilih air terjun, anda harus mengecek lokasinya terlebih dahulu. Anda dapat melakukan ini dengan melihat ulasan online. Jika air terjun yang ingin dikunjungi berada di kawasan yang cukup dalam seperti hutan, Anda bisa menyiapkan sepatu yang sesuai. Selain itu, hindari penggunaan sandal karena hewan liar dapat menggigit kaki Anda.

Jika Anda datang ke air terjun untuk mengambil foto, jangan lupa membawa pelindung kamera. Hal ini dilakukan agar kamera tidak basah akibat cipratan air terjun. Anda juga dapat menyiapkan peralatan khusus lainnya jika diperlukan agar tetap terlindungi dan aman.

Hiburan Akhir Tahun

Berikut rekomendasi tempat terbaik melihat air terjun di Bali

Air Terjun Banyumala
Air Terjun Banyumala terletak di Banjar Asah Panji, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, pulau Bali. Menariknya dari air terjun ini adalah menawarkan pemandangan air terjun yang indah, air mengalir menuruni dinding batu yang dipenuhi tanaman dan lumut. Dengan tanaman tersebut, Air Terjun Banyumala tampak terbagi menjadi tiga aliran. Pada waktuwaktu tertentu, air yang mengalir ke kolam membentuk pelangi.

Jika Anda sedang mencari air terjun di Bali, Air Terjun Banyumala bisa jadi pilihan. Jika Anda berwisata ke air terjun ini pada bulan JuliAgustus, aroma cengkeh dan kopi sudah tercium dalam perjalanan menuju Air Terjun Banyumala. Sebab, pada bulanbulan tersebut merupakan musim panen kopi dan cengkeh di desadesa sekitar Air Terjun Banyumala.

Koleksi air terjun
Air terjun Sekumpul juga bisa menjadi pilihan anda jika ingin mengunjungi air terjun Bali. Lokasinya tepat berada di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Air terjun ini tercipta secara alami, tidak ada yang mengetahui kapan terciptanya. Air Terjun Sekumpul terdiri dari dua air terjun yang berdekatan dengan keindahan yang luar biasa. Suasana air terjun ini menyenangkan meski dengan udara segar. Selain itu, salah satu air terjun ini selalu memiliki air yang jernih meski di musim hujan.

Sebelum dibuka jalan oleh pemerintah desa dan masyarakat desa secara berkelompok, sulit untuk mencapai dasar air terjun ini karena harus menuruni tebing yang tergantung di pepohonan terlebih dahulu dan sekarang sudah ada dibuatkan jalan untuk menuju air terjun ini. Jika Anda memutuskan untuk mengunjungi air terjun ini, Anda bisa menikmati keindahannya sambil berjalan menuruni anak tangga. Anda juga bisa mengambil foto dengan latar belakang air terjun yang indah dan menyenangkan ini.

Air Terjun Tegenungan
Air Terjun Tegenungan terletak di Jl. SAYA. Sutami, Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasi ini berjarak 20 menit dari pusat Ubud. Jadi jika Anda tidak merasa stres dan ingin menuju air terjun yang mudah dijangkau untuk jalanjalan santai sambil merasakan segarnya udara, maka Air Terjun Tegenungan bisa menjadi pilihan. Dari tempat parkir, Anda tinggal menuruni puluhan anak tangga untuk sampai ke Air Terjun Tegenungan.

Air Terjun Tegenungan juga cocok menjadi destinasi keluarga. Pasalnya, fasilitasnya sudah memadai seperti paviliun, ayunan, restoran, bahkan berbagai spot foto Instagrammable dengan latar air terjun. Kawasan ini juga penuh dengan bebatuan dan pepohonan yang memanjakan mata. Anda juga bisa mendaki ke puncak bukit untuk menikmati pemandangan alam dari atas. Perlu diketahui bahwa ada larangan berenang di air terjun ini yang harus dipatuhi karena arusnya yang deras. Oleh karena itu, meski Anda meninggalkan kamar mandi untuk menghindari halhal yang tidak diinginkan, Anda tetap bisa menggunakan fasilitas yang tersedia.