Sejarah dan Perkembangan Internet Mulai di Kenal
Internet

Sejarah dan Perkembangan Internet Mulai di Kenal

Sejarah dan Perkembangan Internet Mulai di KenalInternet memudahkan masyarakat dalam mencari informasi dan solusi di berbagai bidang kehidupan. Kehadiran Internet mempunyai dampak positif apabila dimanfaatkan dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan.

Sejarah dan Perkembangan Internet Mulai di KenalSejarah dan Perkembangan Internet Mulai di Kenal

atpsanmarino – Sebagai pengguna yang baik, Anda juga perlu mengetahui sejarah singkat Internet dan perkembangannya agar Anda dapat menggunakannya semudah sekarang.

Apa itu Internet?

Internet merupakan jaringan komunikasi yang dapat menghubungkan media elektronik dengan media elektronik lainnya. Cikal bakal Internet diciptakan pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan AS dengan proyek ARPANET, kependekan dari Advenced Research Project Agency . Internet didukung dengan standar teknologi yaitu Transmisi Control Protocol atau biasa disebut TCP.

Transmission Control Protocol atau TCP adalah protokol pertukaran paket yang dapat digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Di Internet juga ada istilah Internetworking yang menggambarkan cara menghubungkan jaringan Internet dan menerapkan aturan yang ada. Selama ini Internet telah dimanfaatkan secara luas untuk berbagai aspek kehidupan.

Berbagai perusahaan, perkantoran, sekolah, rumah sakit, hotel dan tempat khusus lainnya menggunakan jaringan Internet ini untuk memudahkan operasional bisnisnya. Namun, Anda juga perlu mengetahui sejarah singkat Internet global untuk menikmatinya saat ini.

– Pengertian Internet menurut para ahli

Pentingnya Internet dijelaskan secara berbeda oleh para ahli, penjelasannya berbeda-beda :

– Definisi O’Brien tentang Internet adalah jaringan komputer yang berkembang pesat.
– Internet dapat berdampak pada dunia bisnis, pendidikan, dan pemerintahan.
– Onno W. Purbo menjelaskan bahwa Internet merupakan media yang memungkinkan komunikasi lebih efisien dengan berbagai aplikasi.
– Menurut Allan, Internet adalah jaringan komputer yang terhubung satu sama lain dan memiliki kemampuan membaca dan mendekripsi alamat IP dan TCP.
– Penjelasan Internet menurut Sarwono, Internet adalah kumpulan jaringan yang ada di seluruh dunia, sehingga tidak ada seorang pun yang bertanggung jawab atas jaringan Internet tersebut.
– Strauss, El-Ansary dan Frost menjelaskan bahwa Internet adalah kumpulan komputer yang dihubungkan oleh suatu jaringan.
– Berners Lee menjelaskan bahwa Internet terdiri dari beberapa jaringan yang menjadi satu.

Pernyataan ini menjelaskan bahwa suatu jaringan komputer terhubung dengan jaringan lokal lainnya. Bagaimana Anda memahami pentingnya Internet dari sudut pandang para ahli yang disebutkan di atas?

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Internet, Anda dapat melanjutkan membaca tentang perkembangan Internet.

– Sejarah perkembangan Internet

Seperti yang dijelaskan di atas, Internet adalah proyek ARPANET. Apa yang diwakili oleh Arpanet? Anda dapat membaca paragraf sebelumnya yaitu tentang jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969.

Departemen Pertahanan AS mendemonstrasikan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang menggunakan UNIX. Sehingga ia bisa berkomunikasi jarak jauh melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET dirancang dengan jaringan yang andal dan menyimpan informasi yang dapat ditransfer. Proyek ARPANET menjadi misi dan ide untuk mengembangkan protokol baru sebagai cikal bakal munculnya jaringan protokol kontrol transmisi untuk Internet.

Sejarah singkat Internet dimulai dengan dikembangkannya proyek ARPANET, awalnya hanya untuk keperluan militer.

Pada saat itu, Departemen Pertahanan AS membuat dan mendistribusikan sistem jaringan komputer dengan menghubungkan komputer-komputer di berbagaiyang rentan atau kritis.

Keberadaan jaringan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan jika terjadi serangan nuklir atau campur tangan musuh. Sistem jaringan komputer juga digunakan untuk menghindari informasi terpusat yang tidak diketahui semua anggotanya. Sehingga suatu perang atau serangan dapat dengan mudah diatasi dan dikelola serta siap dihancurkan.

Baca juga : Aturan Ikigai Yang Bisa Bikin Bahagia Dan Panjang Umur 

Pada awalnya, proyek ARPANET hanya menghubungkan empat situs. Keempat lokasi ini membentuk jaringan terpadu pada tahun 1969. Empat lokasi yang berafiliasi adalah Stanford Research Institute, Santa Barbara, Universitas California, dan Universitas Utah. Proyek ARPANET secara resmi diumumkan pada bulan Oktober 1972. Periode ini juga bisa disebut sebagai tahun pertama kali website dibangun.

Sejarah Internet di Kenal

– Sejarah Dunia Internet

Setelah diumumkannya proyek ARPANET mulai berkembang pesat di berbagai daerah dan universitas di Amerika Serikat.

Karena banyaknya daerah atau institusi yang ingin bergabung dalam sistem jaringan, maka ARPANET kesulitan mengatur jaringan tersebut agar dapat digunakan dengan baik. Oleh karena itu ARPANET dibagi menjadi dua bagian yaitu ARPANET dan MILNET.

ARPANET digunakan untuk tujuan non-militer secara eksternal di wilayah atau institusi yang memerlukannya. MILNET digunakan secara internal untuk keperluan militer.

Sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan yang semakin meningkat, kedua jaringan tersebut digabungkan dengan nama DARPA Internet. Namanya disederhanakan lagi untuk memudahkan identifikasi yaitu Internet. Peristiwa penting telah terjadi dalam sejarah singkat perkembangan Internet. Pada tahun 1957, Uni Soviet, sekarang Rusia, meluncurkan pesawat luar angkasa Sputnik.

Akhirnya pada tahun 1958, Amerika Serikat juga meluncurkan pesawat luar angkasa yang ditujukan untuk teknologi komputer. Pesawat luar angkasa ini dirancang untuk memajukan ilmu pengetahuan, pengetahuan, dan teknologi di Amerika Serikat. Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan AS menciptakan proyek ARPANET, yang menjadi kisah awal mula perkembangan Internet hingga saat ini.

Pada tahun 1965, Ted Nelson memperkenalkan sistem jaringan Internet hypertext. Dan pada tahun 1968 jaringan Tymnet menyusul. Pada tahun 1971, anggota ARPANET menjadi 23 node komputasi, yang terdiri dari komputer untuk universitas atau institusi dan untuk penelitian pemerintah AS. Setahun kemudian, Kelompok Kerja Jaringan Internasional atau INWG dibentuk untuk meningkatkan teknologi sistem jaringan Internet.

Kelompok kerja ini dapat membuat standar untuk jaringan komputer dan Internet. Kelompok INWG pertama kali bertemu dan Vint Cert ditunjuk sebagai pembicara pertama. Vint Cert masih dianggap sebagai bapak internet hingga saat ini. ARPANET mulai menyediakan berbagai layanan database komersial seperti Lexis, SDC Orbit, Dialog, The New York Times Data Bank, dll melalui jaringan dial-up.

Pada tahun 1973, universitas terkenal Amerika yaitu University College of London dan Inggris dan Royal Radar Institution of Norwegia bergabung dengan ARPANET.

Bagaimana TCP Bekerja ?

– Cara kerja TCP :

Untuk memperluas Internet, Tuan Internet dan Bob Kahn memberikan spesifikasi rinci untuk TCP dalam artikel berjudul “Protokol untuk Interkoneksi Jaringan Paket”.

ARPANET bekerja sama dengan Beranet dan Newman untuk membuka jaringan Internet untuk versi komersial yang disebut Telnet, atau layanan data paket publik pertama.

Pada tahun 1977 ARPANET sudah memiliki 111 komputer yang terhubung. Jadi TCP terbagi menjadi dua bagian yaitu TCP atau Transmisi Control Protocol dan IP atau Internet Protocol.

Sejarah Internet dimulai pada awal tahun 1980-an dengan menyebarnya komputer pribadi atau PC.

213 jaringan komputer sudah terhubung ke ARPANET, sehingga layanan untuk BITNET mulai terbuka.

BITNET menyediakan layanan email, direktori, surat dan protokol transfer file. Para ilmuwan veteran juga menciptakan CSNET, sebuah jaringan untuk menyediakan email dan layanan lainnya kepada universitas tanpa harus mendaftar ulang ke ARPANET.

Pada tahun 1982, Internet dikembangkan menggunakan protokol TCP dan IP. Siapa pun yang mengakses Internet tidak lagi memerlukan akses ke ARPANET.

Jadi pada tahun 1986 sistem nama domain yang disebut DNS diperkenalkan. Sistem Nama Domain menyeimbangkan sistem penamaan alamat pada jaringan komputer atau Internet.

Dari sejarah singkat internet hingga saat ini, Anda dapat menikmati internet berkecepatan tinggi tanpa batas.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan Internet di berbagai negara di dunia menjadi semakin umum. Sejak hadirnya media online luar negeri pada tahun 1990.

Surat kabar Amerika pertama diterbitkan oleh Chicago Tribune yang datang ke Indonesia.

Beginilah munculnya jurnalisme online pada tahun 1996.

– Sejarah Perkembangan Internet Indonesia

Jumlah Internet di Indonesia pengguna. Sekilas Perkembangan Internet di Indonesia
Pada saat itu, Indonesia hanya menggunakan surat kabar sebagai medianya. Pada tahun 1997, Kompas menerbitkan berita online.

Karena perusahaan media ingin mengikuti perkembangan teknologi saat itu.

Pada tahun 2000, berita online dan berbagai blog lainnya bermunculan, saling memberi informasi atau produk terkini yang dibutuhkan masyarakat. Sejarah singkat perkembangan Internet di Indonesia dimulai pada tahun 2000-an.

Tahun ini, portal online diciptakan untuk membantu masyarakat dan memfasilitasi akses ke pesan Internet. Khususnya bagi para pekerja yang membutuhkan informasi atau berita terkini. Hingga seiring dengan kemajuan teknologi, Internet mulai berkembang di Indonesia dan banyak digunakan di semua lapisan masyarakat.

Menyediakan layanan dan solusi pengelolaan situs terbaik untuk kebutuhan situs web Anda.

Qwords.com dapat diakses melalui live chat, tiket support dan juga call center. Apa yang kamu tunggu? Sekarang buat website Anda dengan layanan Qwords.

Terima kasih banyak